Tempat Ziarah Wajib Anda Kunjungi

18 September 2023
4 Mins Read
97 Views

Bicara tentang wisata religi atau wisata kerohanian tentunya banyak sekali ditemukan pada berbagai daerah Negara Indonesia. Bahkan di pulau Jawa saja sudah banyak wisata kerohanian. Tentunya Anda bisa mengunjungi situs-situs khusus yang bisa digunakan untuk wisata kerohanian.
Tak perlu khawatir jika Anda belum mengetahui deretan wisata kerohanian yang bisa dikunjungi di pulau Jawa. Sebab artikel ini akan memberikan rekomendasi beberapa tempat wisata religi yang bisa Anda kunjungi di area pulau Jawa. Apa saja itu ? Cek segera pada penjelasan di bawah ini.

Makam Sunan Gresik
Makam Sunan Gresik adalah salah satu destinasi wisata kerohanian yang bisa Anda kunjungi. Makam ini terletak di Gresik atau lebih tepatnya pada Jalan Malik Ibrahim No 52-62, Desa Gapuro Sukolilo Kelurahan Bedilan Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik Jawa Timur.
Selain itu lokasi dari Makam Sunan Gresik juga dekat dengan pusat kota Alun-alun Gresik atau Taman Makam Pahlawan Gresik. Memiliki area lokasi yang cukup luas menjadikan Makam Sunan Gresik bisa menampung banyak peziarah yang datang.

Makam Sunan Ampel
Berikutnya ada Makam Sunan Ampel yang bisa Anda kunjungi untuk wisata kerohanian. Makam Sunan Ampel sendiri terletak pada Jalan Ampel Masjid Nomor 53 Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir Kota Surabaya.
Area Makam Sunan Ampel terletak pada area Masjid Ampel. Dimana masjid ini adalah peninggalan dari Sunan Ampel. Beliau membangun Masjid Ampel bersama dengan dua sahabatnya Mbah Sholeh dan Mbah Sonhaji. Selain itu para Santri juga turut membantu pembangunan Masjid Ampel.
Bagi Anda yang berada di Surabaya khususnya di daerah Masjid Ampel. Maka bisa banget nih menjadikan Makam Sunan Ampel sebagai salah satu list kunjungan yang akan dilakukan.

Makam Sunan Giri
Makam Sunan Giri juga bisa Anda jadikan salah satu rekomendasi wisata kerohanian. Makam Sunan Giri terbilang cukup unik sekali. Pasalnya Makam Sunan Giri terletak di atas bukit yang terletak di Jalan Sunan Giri Dusun Giri Gajah Kecamatan Kebon Mas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.
Akan tetapi jika Anda berada di situs kedaton yang dibangun oleh Sunan Giri yang dulu juga pernah menjadi salah satu pusat pemerintahan pada masanya di daerah situ. Maka letak dari Makam Sunan Giri masih terbilang sedikit lebih jauh dari area tersebut.

Makam Sunan Bonang
Bagi Anda yang masih berkunjung ke daerah Tuban. Maka bisa banget nih jadikan Makam Sunan Bonang sebagai salah satu destinasi wisata kerohanian. Makam Sunan Bonang sendiri terletak pada Jalan Bonang, Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban Jawa Timur.
Jika Anda sedang berada di area Alun-alun Tuban. Maka untuk sampai ke area Makam Sunan Bonang terbilang cukup dekat sekali.

Makam Sunan Drajat
Makam Sunan Drajat juga terbilang unik karena berada di atas bukit. Makam Sunan Drajat sendiri terletak di Jalan Sunan Drajat, Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Selain itu lokasi dari Makam Sunan Drajat juga terletak dekat dengan Alun-alun Drajat.
Tak hanya itu saja, di area lokasi Makam Sunan Drajat juga terdapat sebuah museum. Dimana museum tersebut memiliki berbagai macam barang peninggalan Sunan Bonang ketika menyebarkan agama Islam.

Makam Sunan Kalijaga
Di Jawa Tengah khususnya daerah Demak ada sebuah situs yang bisa Anda jadikan tempat kunjungan wisata kerohanian. Ya, Makam Sunan Kalijaga yang terletak di Jalan Raden Sahid Kelurahan Kadilangu Kecamatan Demak Kabupaten Demak, Jawa Tengah bisa banget Anda kunjungi.
Namun Anda juga perlu tahu jika letak dari Makam Sunan Kalijaga berada jauh dari lokasi Alun-alun Demak dan Masjid Agung Demak. Akan tetapi jika Anda dari jalan lingkar Demak, maka untuk sampai ke lokasi Makam Sunan Kalijaga begitu dekat.

Makam Sunan Kudus
Berikut Nya ada Makam Sunan Kudus yang terletak di Jalan Menara Kelurahan Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus Jawa Tengah yang juga bisa Anda kunjungi sebagai tempat wisata kerohanian.
Lokasi Makam Sunan Kudus terletak jauh dari area Alun-alun kota Kudus. Tepatnya lokasi dari Makam Sunan Kudus adalah terletak di komplek Masjid Menara Kudus. Yang unik dari Masjid Menara Kudus adalah adanya sebuah menara yang menyerupai bentuk candi Hindu.

Makam Sunan Muria
Masih berada di Kudus Jawa Tengah terdapat sebuah Makam Sunan Muria yang bisa Anda jadikan tempat kunjungan wisata kerohanian. Letak dari Makam Sunan Muria sendiri berada di atas Gunung Muria, Kelurahan Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.
Jika Anda dari Alun-alun Kudus untuk menuju ke lokasi Makam Sunan Muria terbilang cukup memakan waktu. Selain itu untuk menuju ke Makam Sunan Muria, Anda juga harus melewati ratusan anak tangga. Namun ada sebuah air terjun yang bisa Anda jadikan tempat beristirahat melepas lelah.

Makam Sunan Gunung Jati
Makam Sunan Gunung Jati terletak di Jalan Sunan Gunung Jati, Kelurahan Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Lokasi dari Makam Sunan Gunung jati terbilang cekat dengan jalur pantura Cirebon dan Alun-alun Makam Sunan Gunung Jati.

Makam Gus Dur
Berikutnya Anda juga bisa mengunjungi destinasi wisata kerohanian yaitu Makam Gus Dur. Ya, Gus Dur adalah seorang mantan Presiden RI ke-4 yang sampai saat ini dianggap sebagai salah satu tokoh agama yang memberikan pengaruh besar di Negara Indonesia oleh semua kalangan.
Letak Makam Gus dus ini berada di Ponpes Tebu Ireng. Hingga saat ini Makam dari mantan Presiden RI ke-4 ini tak pernah sepi dari pengunjung.

Tambahan

Masjid Agung Jawa Tengah
Setelah beberapa makam para Wali, Anda juga bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata kerohanian lain seperti Masjid Agung Jawa Tengah. Lokasi dari Masjid Agung Jawa Tengah sendiri berada di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang.
Jika dilihat dari bentuk desain arsitekturnya, Masjid Agung Jawa Tengah mengadopsi gaya arsitektur Roma, Arab dan Jawa. Menariknya masjid ini juga sudah memiliki fasilitas payung hidrolik. Dimana payung hidrolik ini bisa terbuka sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Masjid Menara Kudus
Setelah berziarah ke Makam Sunan Kudus, Anda juga bisa melanjutkan untuk mengunjungi Masjid Menara Kudus. Letak dari masjid ini terletak satu komplek dengan area Makam Sunan Kudus. Tentunya Anda bisa lebih cepat untuk menuju masjid ini ketika sedang berada di lokasi Makam Sunan Kudus.

Masjid Kubah Emas
Sedang berada di Kota Depok Jawa Barat, maka tak boleh lewatkan salah satu destinasi wisata kerohanian yaitu Masjid Kubah Emas. Salah satu hal unik dari masjid ini adalah bagian kubah dilapisi oleh emas seberat 22 karat. Selain itu masjid ini juga di klaim sebagai salah satu pemilik lokasi terluas di Jabodetabek.

Exit mobile version